Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya Fasilitasi Kajian Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 14 Oktober 2021 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup memfasilitasi penyampaian kajian penelitian Yayasan Borneo Institute mengenai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Penelitian Borneo Institute berupa kajian karhutla yang terjadi di Kota Palangka Raya sejak tahun 2019 sampai 2021," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Achmad Zaini melalui Sekretarisnya, Yusran, Kamis 14 Oktober 2021. 

Dalam hal ini pemerintah terbuka dengan berbagai penelitian dan kajian dari berbagai pihak sebagai bentuk peran serta masyarakat sesuai amanat Undang-Undang 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dia menyatakan apresiasi terhadap peran dan keterlibatan Borneo Institut sebagai Lembaga non pemerintah yang bergerak di bidang lingkungan hidup, kehutanan dan kearifan lokal yang telah melakukan kajian.

Dalam mencegah kejadian karhutla DLH telah mengupayakan berbagai program dan kegiatan pencegahan seperti sosialisasi kepada masyarakat dampak karhutla.

Selain itu adanya keterlibatan masyarakat dan pelaku usaha dalam menjaga bersama lahan melalui pemasangan spanduk imbauan, melaksanakan penyuluhan pencegahan kerusakan lingkungan, pengecekan kondisi sarana dan prasarana sumur bor dan kegiatan pembasahan lahan rawan kekeringan.

"Dengan adanya kajian seperti yang dilakukan Yayasan Borneo Institut dapat menjadi salah satu sumber data dan analisa untuk mengidentifikasi cara efektif dan inovatif yang diharapkan mampu mencegah bencana karhutla yang sudah menjadi bencana tahunan," ujarnya.

Dengan kolaborasi dengan berbagai pihak Pemerintah Kota Palangka Raya  bersama menghimpun langkah-langkah antisipatif , koordinatif, menjaga pelaksanaan kegiatan pembangunan agar membuka lahan tanpa membakar. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru