Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hingga 2021 belum Ditemukan Kasus Malaria Indigenous di Palangka Raya

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Oktober 2021 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo mengungkapkan hingga tahun 2021 tidak ada di temukan kasus malaria indegenous di Kota Palangka Raya.

Dikatakannya, memang sebelumnya ada satu kasus yang ditemukan. Akan tetapi penderita tersebut tidak tertular di Kota Palangka Raya namun didapatkan dari daerah lain.

"Hingga saat ini kita tidak ada menemukan kasus malaria indegenous yang berasal dari kota ini. Kalaupun ada itu tertularnya dari daerah lain," kata Andjar Minggu, 17 Oktiber 2021.

Andjar menerangkan, pada tahun 2018 lalu Kota Palangka Raya telah menerima sertifikat eliminasi malaria. Dimana eliminasi tersebut merupakan upaya untuk menghentikan penyebaran penyakit malaria termasuk indegenous.

Dijelaskannya bahwa, sertifikat eliminasi malaria diberikan kepada daerah yang mampu membuktikan tidak ada penularan penyakit itu selama 3 tahun berturut-turut, dan hal itu juga dibuktikan dengan kartu penderita malaria.

"Boleh saja ada kasus malaria ditemukan, asalkan dalam kartu penderita dapat dibuktikan kalau penyakit itu tertularnya dari daerah lain. Tapi memang sejak dari tahun 2018 sampai sekarang malaria indegenous tidak ditemukan di Palangka Raya," tambahnya.

Terlepas dari itu, ia tetap mengimbau masyarakat kota setempat agar tetap waspada terhadap penyakit malaria, dengan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru