Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Diminta Aktif Laporkan Harta Kekayaan

  • Oleh Hendri
  • 19 Oktober 2021 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Noorkhalis Ridha meminta agar Apartur Sipil Negara (ASN) bisa dengan aktif melaporkan harta kekayaan.

"Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) sangat penting untuk menjaga agar para ASN di Kota Cantik tetap bersih transparan dalam menjalankan tupoksinya,” katanya, Selasa 19 Oktober 2021.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menyampaikan, LHKASN ini juga tentunya untuk mencegah adanya praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Karena dengan mengetahui harta kekayaan setiap tahunnya, bisa mengetahui apa saja penghasilan ASN dan asetnya. Baik itu aset aktif maupun pasif.

Apabila terdapat hal-hal yang menyimpang, seperti memiliki aset mewah namun penghasilannya tidak sesuai dan ASN tersebut tidak memiliki sumber pendapatan lain maka perlu diselidiki.

"Pegawai negeri tidak dilarang untuk menjadi kaya, namun tetap harus melaporkan kekayaannya dan cara perolehannya sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Hal itu wajib dilakukan sebagai bukti bahwa ASN mendukung adanya penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan bebas KKN. (HENDRI/B-5)
 

Berita Terbaru