Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menengok Keindahan Wisata Alam Teluk Sebongkok

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 23 Oktober 2021 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Wisata alam Teluk Sebongkok yang berada di tepian Danau Sembuluh terlihat begitu indah. Lokasi wisata ini masuk dalam wilayah Desa Sembuluh I, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Wisata itu juga merupakan danau terbesar di Kalimantan dan memiliki berbagai potensi di dalamnya. Atas keindahan alamnya, Pemerintah Desa Sembuluh I berusaha melakukan berbagai terobosan untuk mengembangkan potensi ini. Langkah tersebut dilakukan untuk menjadikan sebagai salah satu tujuan wisata andalan.

Kepala Desa Sembuluh I, Hery Subrata menyampaikan, Teluk Sebongkok menawarkan keindahan alam dengan pepohonan galam yang tetap lestari hingga sekarang.

“Tempat ini, berada di dalam kawasan Danau Sembuluh, berbentuk seperti teluk yang memang dinamai oleh masyarakat sejak dulu dengan sebutan Teluk Sebongkok, “ jelasnya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Saat ini, telah dibangun dermaga wisata dan beberapa fasilitas lainnya, untuk para pengunjung yang datang menikmati keindahan alam dan panorama Danau Sembuluh.

“Pengunjung yang datang, bisa menikmati keindahan Teluk Sebongkok dari dermaga ini, sambil ber swa foto atau yang  suka  mancing bisa sambil menyalurkan hobinya, “ urainya.

Hery menambahkan, di kawasan ini secara swadaya, rencananya akan dibangun sebuah musala persinggahan, sekaligus sebagai Museum Desa.

“Rencananya desain mushola ini, menyerupai masjid lama yang ada di Desa Sembuluh. Hal ini bertujuan untuk mengenang dan menghidupkan lagi seni budaya bangunan yang pernah ada di Sembuluh,“ ungkapnya.

Nantinya, bangunan sekaligus museum ini, akan dipajang benda-benda ataupun foto-foto masa lalu tentang Danau Sembuluh. Salah satunya, pada masa kejayaan Desa Sembuluh yang terkenal sebagai tempat pembuatan perahu.

“Dulu Desa Sembuluh sangat terkenal sebagai tempat atau galangan pembuatan kapal berbahan kayu ulin, mulai dari ukuran kecil hingga besar, dan semua  foto-foto nya akan tersimpan di dalam moseum ini, “ imbuhnya.

Hery Subrata berharap, destinasi wisata Teluk Sebongkok dapat di kenal secara luas. Selain itu, keberadaannya dapat meningkatkan PADes dan mendorong peningkatan ekonomi warga setempat. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru