Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Lakukan Kaji Terap ke Dinas TPHP Provinsi Kalteng

  • Oleh Ramadani
  • 29 Oktober 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara melakukan kunjungan kerja sekaligus kaji terap pertanian dan peternakan ke Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan Dinas Pertanian Barito Utara diajak oleh rombongan Dinas TPHP Provinsi Kalimantan Tengah melakukan peninjauan di beberapa lokasi diantaranya,  ke peternakan AL Gumelar yang sukses dalam peternakan unggas ayam dan bebek.

“Kelompok peternak ini telah berkembang menjadi pemasok telur, daging, bibit ternak hingga menjadi fasilitator pelatihan budidaya ternak bukan sekedar di wilayah kalteng saja seperti DAS Barito, Kapuas hingga Wilayah Kotawaringin saja tapi sudah keseluruhan wilayah Kalimantan bahkan sampai luar pulau,” terang Kepala Dinas Pertanian barito Utara, Jumat 29 Oktober 2021.

Selanjutnya, ke ECO FARM yang dikelola oleh ketua persatuan dokter hewan Kalteng yang juga pengurus PPSKI kalteng berupa usaha pengembangan dan pembiakan ternak sapi Limosin hingga sapi Bali.

“Dari paparan dari jajaran Dinas TPHP Provinsi Kalteng, semakin membuka pemahaman bersama bahwa prospek dan potensi usaha ternak di Barito Utara sangat besar dan masih terbuka lebar asalkan ditekuni dengan serius dan professional,” terang Syahmiludin.

Selanjutnya, juga dilakukan diskusi lanjutan di sekretariat PPSKI kalteng di Jalan Bangaris Utama bersama jajaran pengurus yang dengan antusias menyambut dan membagikan pengalaman yang sangat bermanfaat dan memotivasi.

Kegiatan belajar ini dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa kelompok peternak unggas, tempat pemotongan unggas, manajemen penyediaan dan pemasaran bibit unggas hingga teknologi tepat guna dalam kegiatan usaha ternak.

“Kegiatan yang berlangsung Dari pagi hingga malam ini betul-betul melelahkan tapi ada rasa kepuasan karena bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang sangat bermanfaat. Semoga apa yang didapat ini semakin memantapkan semangat dan tujuan untuk bisa dikembangkan di Kabupaten Barito Utara sesuai dengan potensi dan keunggulan yang kita miliki,” ujarnya.

Menekuni usaha tani, kata dia, bila betul-betul dilakukan dengan baik dan bersungguh sungguh akan dapat menjadi tumpuan hidup dan masa depan yang lebih baik. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru