Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BRGM Sinergikan Program 2021-2024 di Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 November 2021 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Republik Indonesia melakukan sinkronisasi program dan kegiatan empat tahunan 2021 - 2024.

Sinkronisasi program ini dilakukan dengan mengunjungi berikut menyosialisasikan kegiatan di wilayah target restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove, salah satunya di wilayah Kalteng.

Kunjungan kerja ke Kalteng akan dilakukan selama 4 hari dimulai sejak kemarin 2 November 2021 sampai Jumat, 5 November 2021.

Tim BRGM dipimpin langsung oleh Kepala BRGM RI, Hartono. Selain kunjungan, tim akan melakukan audensi bersama Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran terkait program pelaksanaan kegiatan restorasi gambut.

Rencananya, ada beberapa tempat strategis yang diagendakan peninjauan oleh BRGM. Semuanya tersebar di dua kabupaten yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Wilayah Pulang Pisau difokuskan ke Desa Talio Hulu dan Kotawaringin Barat di Desa Tanjung Terantang, Desa Tanjung Putri. Selain itu, juga akan dilakukan peninjauan lokasi sekat kanal dan paludikultur, Tanjung Puting serta Istana Kuning Pangkalan Bun. 

Kenalkan Tata Kelola Air Mikro

Sementara itu, saat peninjauan Demonstration Farm di Desa Talio Hulu, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, pihaknya memperkenalkan tata kelola air mikro. 

Hartono mengatakan, tata kelola air mikro diperlukan agar sawah-sawah yang sudah ada bisa diatur ketinggian airnya, sehingga budidaya menanam padi bisa berjalan optimal.

“Kami ingin meninjau langsung sistem yang kita perkenalkan mulai tahun ini, yaitu musim tanam April – Oktober," tuturnya.

Ia menilai, tata kelola tersebut membantu petani. Sebelumnya, saat tidak ada tata kelola air mikro, kalau hujan deras kebanjiran dan kalau musim kemarau kesulitan air.

Adapun Demonstration Farm Program BRGM memanfaatkan lahan gambut terdegredasi untuk produksi padi. Demfarm dilakukan oleh BRGM RI ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah krisis pangan.

Selain itu, juga untuk menjaga ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19. Pemerintah Pusat menggagas Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bertajuk Food Estate (FE) dan BRGM RI melalui kegiatan Demonstration Farm turut berpartisipasi dalam bentuk revitalisasi lahan gambut. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru