Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Koperasi dan UKM Kalteng Catat SIKP KUR Rp2,3 Triliun

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 November 2021 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat ada 53.805 debitur di wilayah setempat.

Nilai akad dari data Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang masuk melalui Sistem Informasi Kredit Program ( SIKP) per 20 September 2021 yakni sebesar Rp 2.390.705.339.425.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalteng, Ati Muliaty menyampaikan pemerintah daerah terus melakukan pendampingan untuk menyukseskan pemulihan ekonomi.

"Saat ini dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pemerintah daerah terus melakukan pendampingan akses permodalan bagi UMKM melalui perbankan dan non perbankan serta Otoritas Jasa Keuangan," tutur Ati dalam keterangan tertulisnya, Minggu malam, 7 November 2021.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng terus mendorong pelaku usaha ataupun kelompok usaha agar membentuk koperasi yang sangat berguna untuk pengembangan usaha dan mempermudah akses permodalan melalui perbankan dan LPDB.

Sejak 2020 hingga 2021 telah terbentuk Komunitas Pelaku Usaha yang sudah berbentuk wadah koperasi, yaitu Koperasi Desa Jelapat di Kabupaten Barito Selatan yang telah mendapatkan bantuan peralatan pengolahan ikan dari Bank Indonesia Kalimantan Tengah.

Setelah itu, Koperasi Palinget di Kabupaten Kapuas yang mendapatlan bantuan mesin jahit dari Bank Rakyat Indonesia, kemudian Koperasi Pengolahan Ikan Kabupaten Seruyan yang dalam proses mendapatkan bantuan dari Bank Mandiri.

Selanjutnya, untuk Program UKM BERKAH yang disalurkan melalui PT BPD Kalimantan Tengah memprioritaskan para pelaku usaha mikro serta koperasi yang saat ini sedang dalam proses. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru