Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Perlu Tanggulangi Eksploitasi Kayu dan Lahan Kalteng

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 November 2021 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Lohing Simon berharap pemerintah dapat menanggulangi eksploitasi kayu secara besar-besaran di Kalteng.

 Termasuk juga pembukaan lahan untuk area perkebunan, serta adanya pendangkalan daerah aliran sungai (DAS) terutama di daerah hulu karena aktivitas penambangan.

“Memang betul penambangan masyarakat ini bisa mengakibatkan pendangkalan sungai. Tapi tidak serta merta kita bisa menyalahkan masyarakat, karena mereka menambangan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi faktor-faktor ini harus dikaji serius oleh pemerintah agar segera ditangani,” katanya baru baru ini.

Normalisasi sungai, lanjut Simon, merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan pemerintah sebagai upaya mitigasi terhadap banjir di masa depan.

“Normalisasi ini kan sama dengan melakukan pendalaman kembali sungai-sungai yang mengalami pendangkalan. Jadi kalau curah hujan tinggi, air tetap bisa ditampung, dan tidak meluap,” pungkasnya.

Simon menilai pemerintah harus serius dan tidak memandang remeh, dengan konsentrasi penuh untuk melakukan kajian terhadap penanggulangan bencana. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru