Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Giliran Kamabiran dan Kwaran Pramuka Kecamatan Kapuas Timur Dikukuhkan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 November 2021 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas, Suwarno Muriyat melantik dan mengukuhkan Camat Kapuas Timur, Yan Safriansyah  sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran), dan Rudiansyah, menjadi Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) beserta Andalan Ranting.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus membuka Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka se Kwaran Kapuas Timur bertempat di halaman SMPN 1 Kapuas Timur.

Turut pula dilantik Sekcam Kapuas Timur, Korwil Bidang Pendidikan Edy Surianto, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA, kepala sekolah/madrasah, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat selaku Anggota Mabiran.

Ketua Panitia, Rudiansyah menyampaikan kegiatan KMD ini yang akan berlangsung selama 5 hari itu diikuti 50 peserta.

“Seluruh peserta adalah Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Kapuas Timur, secara swadaya mengikuti kursus ini dengan harapan ke depan dapat menghidupkan Gudep dan sekolah, madrasah,” katanya, Minggu 21 November 2021.

Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas, Suwarno Muriyat menegaskan KMD terpadu merupakan implementasi dari UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib jenjang Dikdasmen dan upaya mempercepat pencapaian tujuan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas.

Keberadaan Komunitas Guru Penggerak dalam KMD guna menjelaskan filososi Merdeka Belajar yang dikaitakan dengan empat kompetensi guru yakni pedagodi, sosial, kepribadian dan profesional.

"Dalam pembelajaran berbasis digital, berkolaborasi dengan Pelatih dari Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kapuas,” ucapnya.

Dia juga berpesan kepada Kamabiran dan Kwaran Kecamatan Kapuas Timur yang baru dikukuhkan agar selalu bersinergi dan memajukan kegiatan kepramukaan di wilayah. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru