Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Lakukan Pencairan DD, Kades Diimbau Segera Lakukan Akselerasi dan Pengajuan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Desember 2021 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masih banyak desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang belum melakukan pencairan dana desa (DD) tahap tiga Tahun 2021. Menyikapi hal itu, kepala desa atau Kades diimbau segera melakukan akselerasi dan mengusulkan dengan membuat laporan sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar Suyanto. Itu karena saat ini sudah memasuki akhir tahun. Pemdes diiminta harus segera melakukan pencarian. Jangan sampai, kata dia, dampaknya menghambat pembangunan desa.

"Kami mengimbau para kepala desa yang belum melakukan pencairan DD tahap ketiga untuk segera mengusulkan, dengan terlebih dahulu melaporkan tahap sebelumnya. Intinya pagu DD untuk Kabupaten Kobar dari 81 desa Rp 85 milliar lebih realisasinya baru 75,545 atau 88,6 persen," kata Suyanto.

Diketahui bahwa, berdasarkan informasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kobar pada Jumat, 3 Desember 2021 lalu, ada 46 desa dari 81 desa se-Kobar atau sekitar 50 persen, sampai sekarang masih belum melakukan pencairan DD tahap tiga 2021.

Kemudian, melihat hal tersebut, Suyanto berharap pembimbingan dan pembinaan kepada Kades agar terus dilaksanakan. Sehingga, kinerja Kades di Kobar dapat terus meningkat.

"Kalau bicara masalah pembinaan, mekanismenya desa di bawah binaan Dinas PMD dan camat. Tentu ini terus kita dorong," tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kobar Yudhi Hudaya membenarkan ada sekitar 46 desa yang belum melaksanakan pencairan dana desa tahap tiga 2021. 

"Jadi kendalinya tidak bisa full di kita, karena sangat tergantung penjadwalan penyaluran dari pusat. Sqya sangat sepakat apa yang disampaikan Pak Sekda, perlu adanya peningkatan pembinaan dan pengawasan," imbuhnya.

Namun, lanjut Yudhi, peningkatan pembinaan dan pengawasan bagi aparat desa dan Kades juga kuncinya ada peningkatan kapasitas SDM desa, dan harus terus menerus dilakukan.

"Pada prinsipnya saat ini, progres masih terus berjalan dan bagi kades yang belum menyelesaikan laporan akan segera ditindak lanjuti, sehingga akan bisa selesai sebelum deadline," pungkasnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru