Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengrajin Keluhkan Sulitnya Mendapatkan Rotan saat Musim Hujan

  • Oleh Magang 3
  • 06 Desember 2021 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Para pengrajin anyaman rotan di Desa Gohong, Kabupaten Pulang Pisau, khususnya Kelompok Uwei Pambelom saat ini sedang mengalami kesulitan mendapatkan bahan mentah rotan untuk membuat kerajinan anyaman.

Ada hal yang mengakibatkan sulitnya mendapatkan bahan dan kenaikan harga karena kondisi cuaca yang sudah memasuki musim hujan, sehingga petani banyak yang kesulitan untuk mengambil di hutan akibat jalannya banjir dan licin.

"Untuk akhir-akhir ini  yang menjadi permasalahan, karena dampak hujan, banjir. Jadi susah untuk mengeluarkan rotan. Akibat dampak banjir dan hujan ini jadi susah mencari bahan bakunya," ucap Tutie, Ketua Kelompok Pengrajin Rotan Uwei Pambelom, Senin 5 Desember 2021.

Melihat kondisi ini tentunya para pengrajin menjadi kesulitan. Apalagi untuk memenuhi permintaan kebutuhan pemesan. "Jadi sulitnya bahan baku rotan saat ini tentunya dikeluhkan oleh semua pengrajin,"ucapnya.

Menyiasati kondisi tersebut sehingga untuk mendapatkan bahan mentah, bagi kelompok ini sesekali memesan kepada pengrajin lain yang ada di luar daerah dan juga bekerja sama dengan para petani rotan, seperti bekerja sama dengan pengrajin yang ada di Desa Pilang, Jabiren, dan Garung. 

Melihat dari harga bahan baku rotan saat ini memang berpariasi, tergantung dari bahan yang sudah diserut atau belum.

"Memang ada kenaikan dari harga yang tadinya Rp 150.000 sampai Rp 250.000 untuk bahan mentah. Sekarang mahal ini, jadi akibat hujan itu mungkin mengakibatkan kenaikan harga bahan baku," tegasnya.

"Jadi kita ini yang untuk bahan baku bukan dari dalam kelompok lain yang menyediakan, sehingga untuk mendapatkan bahannya harus kerja sama dengan kelompok petani rotan, seperti di Desa Garung, Jabiren, Pilang, dan Bereng. Memang ada kenaikan harga dari petani rotan," tutupnya.(MAGANG 3/B-11)

Berita Terbaru