Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

FKUB Kapuas Ikuti Rapat Koordinasi Daerah Seluruh Kalteng

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Desember 2021 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua FKUB Kabupaten Kapuas KH Muchtar Rusalan dan Wakil Sekretaris, Nabchan telah mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Kalimantan Tengah (Kalteng) di Palangka Raya.

Wakil Sekretaris FKUB Kapuas, Nabchan yang ikut hadir mengatakan bahwa materi yang disampaikan dalam kegaitan Rakor sangat bermanfaat seperti yang disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, Noor Fami, tentang peran Kementerian Agama dalam membina kerukunan umat beragama.

Begitu juga materi yang disampaikan dari Polda, Korem, dan Kesbangpol Kalteng. Ia mengakui dari materi Rakorda FKUB ini menitik beratkan kepada membangun kebersamaan kerukunan.

“Menjaga dan mempertahankan kerukunan adalah tugas dan tanggung jawab bersama yaitu pemerintah, Kemenag, dan FKUB sebagai organisasi menaungi tokoh-tokoh agama, itu yang disampaikan saat kami ikuti Rakorda kemarin,” kata Nabchan, Rabu 8 Desember 2021.

Nabchan mengatakan peran tokoh agama lah yang paling penting dalam menjaga kerukunan terutama tokoh agama yang berada di tingkat bawah kecamatan.

"Karena merekalah lebih memahami dan menguasi lokasi sehingga bisa menahan dan membentengi apabila ada permasalahan yang melibatkan kerukunan," ucapnya.

Sehingga, masing-masing mempunyai peran penting baik FKUB, pemerintah dan Kemenag, saling bersinergi merupakan kunci utama menjaga dan mempertahankan kerukunan.

Dalam kegiatan yang di ikuti Ketua FKUB Kabupaten dan kota, Kepala Kemenag se Kalimantan Tengah dan Kepala Badan Kesbangpol se Kalteng itu di buka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dan disaksikan pengurus FKUB Kabupaten / Kota se Kalteng secara virtual. (DODI RIZKIANSYAH/B-1)

Berita Terbaru