Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Uji Kompetensi Tenaga Kontrak di Kapuas Bakal Jadi Pertimbangan SOPD Kelola Kebutuhan SDM

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Desember 2021 - 12:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Para tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas mulai mengikuti pelaksanaan uji kompetensi, bertempat di aula kantor Bupati Kapuas, Senin 13 Desember 2021.

Uji kompetensi dilaksanakan selama 6 hari mulai Senin 13 - 18 Desember 2021, yang mana pada hari pertama ini akan dibagi ke dalam 5 sesi, yang mana pada setiap sesinya diikuti sekitar 200 orang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas, Aswan mengatakan tujuan dari pelaksanaan uji kompetensi ini adalah untuk menilai potensi dan kemampuan dasar tenaga kontrak.

"Hasil dari penilaian uji kompetensi ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi setiap kepala SOPD dalam mengelola kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan kerjanya," katanya.

Hasil penilaian ini nantinya akan dilakukan perangkingan dan menjadi bahan pertimbangan bagi perangkat daerah unit kerjanya.

Dia menjelaskan uji kompetensi adalah proses penilaian baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang telah kompeten atau belum pada pekerjaan tertentu.

"Unsur yang diukur adalah kompetensi individu yang terdiri atas unsur kemampuan, keterampilan dan kepribadian pegawai," ucapnya.

Dengan materi tes terdiri dari wawasan kebangsaan, intelegensia umum, karakteristik pribadi dengan jumlah 50 soal durasi waktu 60 menit.

"Uji kompetensi ini bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru