Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kuala Kapuas Upacara Bendera Peringati Hari Bela Negara

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Desember 2021 - 15:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas telah menggelar upacara memperingati Hari Bela Negara ke-73, bertempat di lapangan voli, Senin 20 Desember 2021.

Hari Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat pada 19 Desember 1948.

Dalam upacara ini Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Dikatakannya bela negara adalah sikap, tekad dan Perilaku serta tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara yang dijiwai kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Revublik Indonesia (NKRI).

"Nilai-nilai bela negara tersebut dalah cinta tanah air sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara," katanya.

Menurut Toni di peringatinya Hari Bela Negara memiliki tujuan Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan Negara. "Juga melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," ucapnya.

Bertugas sebagai pasukan pengibar bendera adalah sejumlah warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kuala Kapuas yang telah dibekali dengan kemampuan pramuka. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru