Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Ayam Petelur di Desa Betang Nalong Sudah Produksi 100 Persen

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Desember 2021 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kabupaten Barito Timur, Mishael mengungkapkan, bantuan 200 ekor ayam petelur yang disalurkan kepada Kelompok Ternak Betang Jaya di Desa Betang Nalong Kecamatan Patangkep Tutui sudah bertelur semua atau berproduksi 100 persen.

"Hasil monev (monitoring dan evaluasi) ke Kelompok Peternak Betang Jaya beberapa hari lalu diketahui produksi telur ayam sudah mencapai 200 butir per hari, yang berarti bahwa produksi telur adalah 100 persen," ujarnya, Selasa, 21 Desember 2021.

Ayam bantuan Pemkab Barito Timur yang bersumber dari APBD 2021 itu saat diserahkan ke kelompok penerima padal 11 November 2021 sudah berusia 16 Minggu dengan berat minimum 1,34 kilo gram sehingga sudah siap bertelur.

"Selain ayam yang sudah siap bertelur, pemerintah daerah juga memberikan bantuan pakan ayam. Pakan jenis layer grower 200  kilogram dan layer 300 kilogram kami distribusikan sebelum ayam tiba pada kelompok penerima," jelas Mishael.

Kemudian pada tahap 2 didistribusikan pakan jenis layer sebanyak 500 kilogram. Pakan yang kaya kalsium dan protein ini dipakai saat ayam mulai bertelur untuk membantu ayam menghasilkan telur yang kuat dan sehat.

Meski di Betang Nalong sudah produksi 100 persen, pada kelompok penerima bantuan di desa yang lain belum semua ayam berproduksi 100 persen. Karena itu Mishael berpesan agar peternak selalu rajin merawat ayam-ayam tersebut sehingga selalu sehat dan rutin bertelur.

"Produksi telur di kelompok peternak yang lain masih bervariasi antara 20 persen sampai 60 persen,”  ungkapnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru