Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kwarcab Gerakan Pramuka Gelar KMD di Kecamatan Kapuas Hilir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Desember 2021 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kapuas Hilir menjadi zona ke 14 dari 17 yang ditarget oleh Kwarcab Gerakan Pramuka dalam Kapuas Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML).

Kegiatan tersebut sebagai program kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas. Kegiatan kali ini digelar di Aula MAN 1 Kapuas Hilir.

Ketua Kwaran Kapuas Hilir, Abdul Haris Samiaji, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kursus yang berlangsung selama lima hari itu diikuti 48 peserta.

“Peserta KMD adalah Kepala Sekolah dan Guru SD, SMP dan SMA/SMK se Kecamatan Kapuas Hilir," katanya, Selasa sore, 21 Desember 2021.

Secara swadaya, lanjut dia, demgan mengikuti kursus ini diharapkan ke depan dapat menghidupkan kegiatan kepramukaan pada Gugusdepan di sekolah masing-masing.


Sebelumnya, Ketua Kwarcab Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan KMD terpadu merupakan implementasi dari Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Undang-undang nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Kemudian Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebgai Ekstrakurikuler Wajib jenjang Dikdasmen serta upya untuk mempercepat pencapaian tujuan Program Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas.

Suwarno juga kembali menegaskan tentang peran Pramuka Kapuas sebagai Duta Perubahan Perilaku Pandemi Covid-19.

“Pramuka adalah Duta Perubahan Perilaku yang harus mememiliki kepedulian terhadap sesama manusia terutama yang mengalami musibah, juga menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan 5M serta mengajak sebanyak mungkin kerabatnya untuk divaksinasi," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru