Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Masuknya Terorisme, Polisi dan TNI Perketat Pengamanan Perbatasan Masuk Kobar

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Desember 2021 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menyikapi ditangkapnya 3 terduga teroris di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, pengamanan di sejumlah pintu masuk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), baik darat, laut maupun udara bakal diperketat.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah, bahwa pengetatan pintu masuk akan dilakukan di terminal, pelabuhan dan bandar udara. Pihaknya akan menyiagakan personel gabungan di titik lokasi tersebut.

"Jadi, setiap pintu masuk sudah kita perketat, kita juga kita sudah sampaikan untuk tamu di atas 1x24 jam wajib lapor, dan iita hidupkan kembali siskamling," kata Devy Firmansyah usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2021 di Mapolres Kobar pada Kamis, 23 Desember 2021.

Selain itu, lanjut Kapolres, pihaknya juga sudah menyurati pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa, hingga ketua RT mendata warga baru di lingkungan masing-masing. Serta, pengawasan dilakukan secara menyeluruh, termasuk di tempat-tempat penginapan dalam upaya pengamanan natal dan tahun baru.

"Pengawasan dilakukan secara melekat khususnya di tempat-tempat kos agar betul-betul jelas yang menginap itu siapa, dari mana, identitas dan tujuannya apa, mengingat ini masa kita pengamanan akhir tahun," imbuhnya.

Dalam situasi terkini, Devy Firmansyah menyatakan Kobar terbilang aman atau nihil dari terorisme. Namun demikian, pihak keamanan maupun masyarakat harus tetap waspada.

"Alhamdulillah masih belum ada, tapi tetap kita tidak boleh underestimate. Saya sudah menyampaikan personel saya wajib overestimate. Jadi meski tidak ada tapi kita tetap patut waspada," tegasnya.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Arh Drajad Tri Putro menyatakan hal serupa. Bahwa sistem deteksi dini kemungkinan adanya jaringan terduga teroris dari TNI Polri saat ini sudah tegelar di Kobar, baik pada pintu- pintu masuk Pelabuhan, Bandara dan Pelabuhan serta kewilayahan.

"Babinsa dan bhabinkamtibmas Babinpotdirga sudah tergelar sampai ke desa- desa, untuk lebih mendetaksi apabila ada orang asing atau orang baru masuk wajib lapor, itu yang harus kita waspadai," ungkapnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru