Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Dorong Pemda Pelihara Dengan Baik Rumah Betang di TMII

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Desember 2021 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Sirajul Rahman mendorong Pemda Provinsi setempat agar dapat senantiasa terus memelihara dengan baik keberadaan rumah betang yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMMI).

Sirajul mengatakan, situs - situs budaya yang merupakan peninggalan leluhur suku dayak khususnya Kalteng perlu terus dipelihara karena, itu merupakan kekayaan daerah yang dapat diperkenalkan kembali ke generasi selanjutnya serta masyarakat umum.

"Beberapa waktu lalu kami berkesempatan mengunjungi Ibu Kota Jakarta dan sekaligus singgah di rumah betang yang ada di TMII. Kami rasa anjungan tersebut harus mendapatkan perhatian dan pemeliharaan kembali," ucapnya, Minggu, 26 Desember 2021.

Dia menerangkan, rumah betang yang ada di TMII tersebut merupakan simbol yang mewakili keberagaman kekayaan peninggalan para leluhur orang - orang suku dayak di masa lampau.

"Nika rumah betang itu terlihat lebih baik dan layak, maka akan menarik perhatian masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh rumah khas suku dayak Kalteng tersebut. Jadi, itu semacam terasnya Kalteng, karena keberadaannya bisa saja menarik minat para wisatawan ke Kalteng," tuturnya.

Dijelaskannya juga bahwa, apabila rumah betang itu tidak mendapat perhatian serius serta penanganan cepat dari pemda terutama Kalteng, maka diyakini akan terjadi kerusakan dibeberapa titik yang semakin parah.

"Harapan kita hal ini dapat ditanggapi secara serius oleh pemda kita, sehingga kedepan situs yang ada tersebut dapat terjaga dan terawat dengan baik," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru