Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Rotan di Kotim Anjlok hingga Rp 3.500 per Kilogram

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Desember 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga rotan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami penurunan yang sangat signifikan. Bahkan sudah menyentuh Rp 3.500 per kilogram. 

"Saat ini harga rotan turun hingga titik terendah yakni Rp 3.500," ujar pengepul rotan di Kecamatan Kota Besi, Dahlan Ismail, Senin, 27 Desember 2021. 

Rotan yang dihargai Rp 3.500 tersebut merupakan yang mentah. Sebelumnya, harga rotan normalnya Rp 7.500 per kilogram di tingkat pengepul. 

Turunnya harga tersebut sudah terjadi sejak 3 pekan terakhir. Dan hal itu sangat berdampak terhadap petani tentunya. Karena harga Rp 3.500 tersebut merupakan harga di pengepul. Sehingga, harga di petani bisa jadi akan lebih murah lagi. 

"Tentu ini sangat berdampak terhadap petani rotan. Karena di tingkat pengepul saja Rp 3.500, maka di tingkat petani akan lebih murah lagi," kata Dahlan. 

Para pengepul sebenarnya punya strategi  agar tidak mengalami kerugian dengan turunnya harga rotan tersebut. Yakni dengan membatasi pembelian rotan dari petani. Namun hal itu tidak mungkin dilakukan, karena juga harus memikirkan nasib petani rotan yang selama ini sudah menjadi mitra mereka.

"Sebenarnya kami tidak mau lepas tangan terkait hal ini. Karena akan berdampak terhadap petani. Tapi apa yang dapat kami harapkan kalau harganya sanga rendah," terang Dahlan.

Pihaknya juga tidak mau memaksakan, karena akan membuat pihaknya mengalami kerugian. Ditampung juga tidak bisa, karena tidak tahu sampai kapan harga ini mengalami penurunan. Dan jika disimpan lebih lama, maka kualitasnya mengalami penyusutan hingga berdampak dengan harga jual.

"Saat ini kami hanya berharap agar harga kembali normal, sehingga para petani juga tidak mengalami kerugian," harap Dahlan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru