Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indonesia dan Vietnam Teken MoU Keamanan dan Keselamatan di Laut

  • Oleh ANTARA
  • 29 Desember 2021 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Badan Keamanan Laut (Bakamla)  dan Badan Keamanan Laut Vietnam meneken nota kesepahaman (MoU) kerja sama bidang keamanan dan keselamatan di laut.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Kepala Bakamla Laksdya TNI Aan Kurnia di Jakarta dan Komandan Bakamla Vietnam/Vietnam Coast Guard Mayor Jenderal Le Quang Dao di negaranya, Selasa.

Aan sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa, menyampaikan nota kesepahaman itu akan memperkuat kemitraan yang telah terjalin antara dua negara.

“Semoga dengan MoU ini kerja sama bilateral antara kedua agensi (lembaga, Red.) dapat terus meningkat dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim di kawasan,” kata Aan usai meneken dokumen kerja sama.

Ia menyampaikan ada enam bidang yang menjadi prioritas kerja sama, yaitu peningkatan kapasitas keamanan dan keselamatan maritim, pelaksanaan gelar wicara antarpenjaga pantai dari dua negara, dan pertukaran informasi serta komunikasi.


Bidang prioritas lainnya, operasi pencarian dan penyelamatan serta pencegahan tindak kejahatan di laut, lawatan pelabuhan, dan penegakan hukum termasuk penghapusan aktivitas tangkap ikan ilegal (IUU Fishing).

Nantinya, peningkatan kapasitas personel Bakamla dua negara akan dilakukan melalui latihan bersama, pelatihan, pendidikan, lokakarya, dan seminar.

Kepala Bakamla menyampaikan sebelum MoU diteken oleh dua negara, Badan Keamanan Laut Indonesia dan Bakamla Vietnam telah menjalin kerja sama di berbagai bidang.

“Banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Bakamla, yang turut mengundang personel Vietnam Coast Guard pada program Capacity Building for Hacgam di Semarang, Maritime Security Dekstop Exercise (MSDE) dan Joint Commanders Coast Guard Meeting yang merupakan pertemuan para komandan Coast Guard di kawasan Asia Tenggara,” sebut Aan Kurnia.

Dalam upacara penandatanganan dokumen MoU yang berlangsung secara virtual dari negara masing-masing, Kepala Bakamla didampingi oleh Deputi Inhuker Laksda Bakamla I Putu Arya Angga S, Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Sandy M Latief, dan Kepala Sub Direktorat Kerja Sama Luar Negeri Mayor Bakamla Maya Veraningsih.

Kegiatan itu juga disaksikan oleh Kuasa Usaha Kedutaan Besar Vietnam Nguyen Ngoc Vinh dan Atase Pertahanan Vietnam untuk Indonesia Kolonel Senior Do Xuan Quy.

ANTARA

Berita Terbaru