Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Gabungan Tertibkan Pedagang di Sekitar Pasar Tamiang Layang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Januari 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Petugas Gabungan dari Disdagkop UKM, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur menertibkan pedagang yang berjualan di luar lapak atau kios yang telah disediakan Pasar Temenggoeng Djaja Karti Tamiang Layang, Senin, 10 Januari 2022.

Penertiban tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Pemkab Barito Timur untuk meniadakan jadwal pasar mingguan yang biasanya diadakan setiap hari Senin.

Pantauan Borneonews di lokasi, pada pukul 08.00 WIB terlihat petugas gabungan mulai mengamankan lapak-lapak yang terbuat dari kayu dan mengangkut dengan truk. Meski ada beberapa pedagang yang menggerutu ketika ditertibkan namun secara umum tidak ada penolakan yang berarti dari pedagang di pasar.

Plt Kasatpol PP Ari Panan P Lelu saat diwawancarai mengatakan, pihaknya menertibkan pedagang yang berjualan di luar pasar yakni di jalan menuju Magantis dan di belakang Gereja Palanungkai.

"Tadi pagi kami sudah memberikan waktu 1 jam agar pedagang membongkar sendiri lapaknya, ternyata sampai waktu yang telah ditentukan mereka masih belum membongkar sendiri sehingga dengan terpaksa kami tertibkan semuanya," ungkap.

Ari Panan menambahkan, semua pedagang telah diimbau untuk berkoordinasi dengan UPT Pasar Tamiang Layang untuk pengaturan tempat tempat berjualan di dalam pasar.

"Kami akan mengikuti terus sepanjang jalur ini, kami akan tertibkan sampai semua pedagang tertib dan berjualan di dalam pasar," tegasnya.

Menurutnya, dengan penertiban tersebut, pemerintah daerah berharap pedagang dapat menempati los-los atau kios yang sudah disiapkan UPT pasar, dengan tujuan akhir mendorong peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD serta membuat Kota Tamiang Layang tertata rapi.

"Hari Jumat nanti kami akan laksanakan penertiban juga seperti ini di Pasar Beringin Ampah karena jadwal pasar mingguan sudah dipindahkan pada hari Senin," ungkap Ari Panan. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru