Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan Singkirkan Pohon Tumbang Halangi Jalan Penghubung Desa Lampeong - Lebo

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Januari 2022 - 05:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan BPK Samuja dan BPK Rela Ampah menyingkirkan pohon tumbang di jalan penghubung antara Desa Lampeong dan Desa Lebo di Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur, Kamis 13 Januari 2021.

Kapten 01 BPK Samuja Rakhmat Hidayat mengaku mendapatkan laporan dan permintaan bantuan dari warga lewat radio amatir karena pohon tumbang tersebut menghalangi lalu lintas warga.

"Pohon dengan diameter sekitar 40 sentimeter itu tumbang karena hujan dan angin kencang sore tadi, karena melintang di jalan jadinya kendaraan roda empat maupun dua tidak bisa lewat sama sekali," jelasnya.

Personel BPK Samuja yang berjumlah 10 orang ditambah relawan BPK Rela dan beberapa warga sekitar kemudian memangkas dan menyingkirkan pohon tersebut menggunakan gergaji mesin dan parang.

"Kondisi saat ini jalan sudah bisa dilintasi kembali oleh warga," tambah Hidayat yang mengepalai fire rescue di BPK Samuja.

Mengingat cuaca ekstrem yang sering terjadi dalam beberapa hari terakhir, dia mengingatkan agar warga selalu berhati-hati saat hendak bepergian karena sering terjadi pohon tumbang ke badan jalan.

"Berdasarkan informasi dari BPBD maupun Basarnas, diperkirakan cuaca ekstrem seperti hujan yang disertai angin kencang masih akan terjadi hingga bulan Februari, warga harus memperhitungkan saat hendak bepergian terutama saat terjadi hujan yang disertai angin kencang serta menghindari berada dekat pohon besar yang berpotensi tumbang," imbau Hidayat. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru