Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pasuruan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Imbau Pelaku Usaha Manfaatkan Rumah Potong Hewan

  • Oleh Magang 2
  • 18 Januari 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gumas Letus Guntur, mengimbau pelaku usaha di wilayah setempat untuk memanfaatkan rumah potong hewan yang telah disediakan pemerintah.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, senang tidak senang harus di sana," ujar Letus, Selasa, 18 Januari 2022.

"Sayang bangunannya, dari segi higienis ya terjamin lah, karena di sana ada petugasnya nanti," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saat ini berbagai fasilitas sudah tersedia di rumah potong hewan tersebut, termasuk kandang ayam sementara dan pembakar bulu. Sayangnya, menurutnya masih perlu ada perbaikan terutama bagian instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

"Fasilitas-fasilitas itu perlu direhab dan ditambah. Karena fasilitas di sana ada kandang sementara, kemudian ada pembakaran bulu sudah ada. Tapi fasilitasnya masih ada yang kurang, terutama IPAL-nya, pembuangan bekas-bekas itu perlu diperbaiki," katanya.


Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk memperbaiki fasilitas yang rusak tersebut dan diperkirakan Bulan Juni 2022 rumah potong hewan di Kabupaten Gunung Mas sudah bisa digunakan oleh para pelaku usaha.

"Rancana, awal Maret, tiga bulan paling tidak Bulan Juni para pemotong ayam sudah bisa menggunakan rumah potong hewan tersebut, terutama potong ayam yang kapasitas sampai 100, 500 sampai 1000 ekor satu hari yang dipotong saat ini," tukas Letus. (MAGANG 2/B-7)

Berita Terbaru