Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Dukung Program Reforma Agraria

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Januari 2022 - 20:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng sangat mendukung adanya program reforma agraria yang telah lama berjalan hingga saat ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Katma F Dirun mengatakan latar belakang adanya program reforma agraria ini pada dasarnya ingin mewujudkan perdamaian sosial yang dibangun secara demokratis.

Sementara itu persoalan konflik agraria yang kerap terjadi, salah satunya disebabkan oleh rasa apriori terhadap pemerintah. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk membangun hubungan sosial, humanis dan emosional antara pemerintah dan masyarakat.

"Membangun hubungan berdasarkan informal authority, bukan sekedar pemerintah dengan pemerintah tapi masyarakat dan masyarakat. Karena, pemerintah merupakan bagian masyarakat yang ditugaskan di eksekutif," kata dia, Kamis, 20 Januari 2022.

Kembali terkait konflik agraria antara masyarakat adat dan pengusaha atau antar masyarakat. Dikatakannya, hal ini menuntut peran pemerintah agar memberikan perhatian serius dan keberpihakan dengan masyarakat.

"Tanpa kita menjadi mereka kita tidak akan pernah tahu apa yang dirasakan masyarakat," ujarnya. 
Ia menyadari bahwa keberadaan pihak lain yang berkepentingan dengan keadaan yang serba tidak pasti, ditambah suhu politis menambah kompleks persoalan.

"Pendekatan informal kita jalankan seiring dengan political act, mengubah lawan menjadi kawan dan meyakinkan masyarakat yang menaruh harapan hanya kepada pemerintah," tuturnya.

Dia berharap semua stakeholder dapat bergandengan tangan, bersinergi antara pemprov, pemkab dan pemkot, BPN provinsi maupun kabupaten atau kota mensukseskan reforma agraria dan terus libatkan semua stakeholder di tengah masyarakat guna mulai membangun hubungan emosional antara pemerintah dan masyarakat termasuk masyarakat adat.

Pada kesempatan yang sama juga dirinya mengajak semua pihak untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan masyarakat untuk mewujudkan reforma agraria agar kedepan dapat berhasil baik. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru