Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Omicron, Masyarakat Kotim Diminta Waspadai Penyakit Musiman ini

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 31 Januari 2022 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus Covid-19 kembali terdeteksi di Kotawaringin Timur akhir-akhir ini. Bahkan gejalanya mengarah ke varian baru yakni Omicron. Namun masyarakat, diminta tak lengah terhadap penyakit saat pancaroba seperti sekarang. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Umar Kaderi menyebutkan, saat ini khususnya di Kotim tengah memasuki musim pancaroba atau musim peralihan. Saat seperti sekarang rawan muncul berbagai penyakit salah satunya demam berdarah dengue (DBD) .

Masih adanya hujan diyakini menjadi salah satu penyebabnya. Karena nyamuk Aedes aigypti akan bertelur di genangan atau penampungan air hujan. 

Dalam Januari 2022 terdapat 5 kasus DBD di Kotim. Sebab itu masyarakat diminta aktif melakukan bersih-bersih lingkungan dengan menggiatkan aktivitas pemberantasan sarang nyamuk. 

"Kami juga sudah melakukan tracing dan penyemprotan di lokasi munculnya kasus tersebut. Kita berharap apalagi ini musim pancaroba, masyarakat lebih aktif membersihkan lingkungan," kata Umar, Senin, 31 Januari 2022.

Saat kondisi cuaca seperti ini, perkembangbiakan nyamuk semakin pesat. Aktivitas pemberantasan sarang nyamuk bisa menjadi solusi pencegahan pendek. Sehingga tidak ada tempat bagi nyamuk bertelur dan kasus DBD ini bisa kita atasi bersama.

Menurut Umar, pencegahan tidak hanya tanggung jawab petugas kesehatan atau pemerintah semata. Namun juga tanggung jawab masyarakat bersama. 

Umar mengingatkan, agar masyarakat yang mengalami demam namun tidak kunjung sembuh, agar segera diperiksa dan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Ini penting agar segera dideteksi penyakitnya. 

"Namun kami berharap tidak ada lagi kasus DBD. Cukup yang lima ini saja dan semoga lekas sembuh," tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru