Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Temukan Limbah Medis Berserakan di Lingkar Kota Sampit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 03 Februari 2022 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga RT 041 Jalan Soekarno, kilometer 7, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang atau Lingkar Kota Utara menemukan limbah medis berserakan, Rabu sore, 2 Februari 2022. Limbah medis itu diduga dibuang sembarangan oleh salah satu tempat fasilitas kesehatan. 

Rasyidi, Ketua RT menjelaskan pihaknya menemukan limbah medis itu ketika bergotong royong membersihkan sampah yang dibuang oleh masyarakat sembarangan. "Kami menemukan banyak sampah medis belum diketahui asal-usulnya," ucap Rasyidi. 

Adanya temuan sampah atau limbah medis ini telah dilaporkan oleh warga ke pihak kepolisian. Pihak kepolisian pun telah mengecek lokasi tersebut

Diungkapkannya, beberapa limbah medis yamg ditemukan tersebut antara lain seperti sarung tangan medis bekas,jarum suntik, tempat antigen bekas, dan sejumlah berkas data berkaitan dengan suatu klinik. 

"Saya selaku ketua RT melaporkan ke Polsek Ketapang dan mereka sudah cek TKP. Kami berharap ini ditindaklanjuti pihak terkait," katanya. 

Dipastikan Rasyidi, kawasan tersebut bukan tempat pembuangan sampah. Pihaknya juga telah memasang spanduk larangan membuang sampah sembarangan. Hanya pihak yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di lokasi itu. 

Apalagi sampah yang dibuang merupakan limbah medis. Warga khawatir akan berdampak pada kesehatan warga dan lingkungan sekitar. Semestinya limbah medis tak boleh dibuang sembarangan dan harus diperlakukan secara khusus dalam pemusnahannya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru