Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Pastikan Limbah Medis di Lingkar Kota Sampit Bukan Berasal dari Puskemas dan Rumah Sakit

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 03 Februari 2022 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, Umar Kaderi, memastikan bahwa limbah medis yang dibuang di Jalan Soekarno atau Lingkar Kota Utara, bukan berasal dari puskesmas ataupun rumah sakit. 

"Kalau melihat foto-foto yang ada kemungkinan sampah medis dari klinik. Kalau sampah medis dari puskesmas dan rumah sakit sudah sesuai prosedur," ujarnya, Kamis, 3 Februari 2022.

Dijelaskan Umar, sesuai prosedur limbah atau sampah media harus disimpan dahulu dalam gudang penampungan. Limbah juga harus tertutup atau  dibungkus plastik. 

"Bila sudah dirasa cukup baru dipanggil pihak ketiga untuk pemusnahan atau vinsenerator," jelasnya. 

Menurut Umar, selama ini puskesmas dan rumah sakit telah memperlakukan limbah medis seperti itu. Dirinya pun yakin tak ada pelanggaran yang dilakukan puskesmas maupun rumah sakit. 

"Selama ini seperti itu yang dilakukan teman-teman dari puskesmas dan rumah sakit," tegasnya. 

Sebelumnya, warga RT 041 Jalan Soekarno, kilometer 7, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang atau Lingkar Kota Utara menemukan limbah medis berserakan, Rabu sore, 2 Februari 2022. Limbah medis itu diduga dibuang sembarangan oleh salah satu tempat fasilitas kesehatan.  (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru