Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diharapkan Mampu Siapkan SDM Berkualitas

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Februari 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng melalui Disnakertrans diharapkan mampu menyiapkan SMD berkualitas dan siap kerja di masing-masing wilayahnya.

Harapan itu diungkapkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, Artaban. Menurutnya, menyiapkan SDM berkualitas dan siap kerja sangat penting dalam rangka untuk menjawab kebutuhan yang ada.

"Solusi dalam upaya menyiapkan SDM berkualitas itu banyak yang bisa dilakukan, seperti salah satunya melakukan aksi jemput bola, artinya Disnakertrans mengunjungi setiap perusahaan yang ada dan mendata tenaga kerja dibidang apa yang dibutuhkan," ujarnya, Kamis, 17 Februari 2022.

Dia menjelaskan, dari data tersebut nantinya maka akan dipergunakan sebagai acuan untuk memberikan pelatihan kepada SDM atau para calon pekerja yang telah disiapkan.

Contohnya, sebuah perusahaan membutuhkan karyawan dibidang perbaikan alat berat atau mekanik, maka Disnakertrans harus memberikan pelatihan pada bidang yang dibutuhkan itu agar nantinya para calon pekerja tersebut mempunyai skill dan siap kerja.

"Dengan demikian, tenaga kerja yang disiapkan benar-benar siap kerja dan sudah memahami bidangnya sesuai kebutuhan perusahaan. Ini yang tentunya harus dapat dijalankan oleh pihak terkait," tuturnya.

Dirinya berharap, Disnakertrans yang ada di masing-masing daerah baik provinsi, kabupaten dan kota dapat menjalin komunikasi dengan perusahaan yang ada di wilayahnya masing-masing. Dengan komunikasi itu maka kedepan akan terjalin kerjasama dalam rangka untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan berkualitas.

"Upaya demikian juga dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat terutama lokal agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Sebab, pekerja lokal juga perlu diperhatikan, sehingga angka pengangguran dapat dikurangi dan kesejahteraan masyarakat terpenuhi," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru