Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rakornas I Adeksi Bahas Efektivitas Kinerja Pemerintah Dampak Pilkada Serentak 2024

  • Oleh Hendri
  • 25 Februari 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi), Sigit K Yunianto menyampaikan beberapa hal terkait hasil Rakornas I Adeksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Rakornas tersebut dirangkaikan dengan seminar dengan tema DPRD Bermitra dengan Kepala Daerah Sementara Menakar Efektivitas Kinerja Pemerintah tahun 2022-2024 sebagai Dampak Pilkada Serentak.

"Karena DPRD juga sebagai mitra pemerintahan perlu melakukan koordinasi dengan baik bersama kepada daerah jika nanti dijabat oleh pejabat sementara, tentu harus berjalan roda pemerintahannya setiap daerah," katanya, Jumat 25 Februari 2022.

Ketua DPRD Palangka Raya itu mengatakan, rakornas digelar sebagai upaya membangun sinergi untuk menciptakan pemerintah yang baik dan berkualitas dalam melayani masyarakat sekaligus meningkatkan demokrasi lokal yang baik.

"Ini sangat penting sehingga kami melakukan rakornas seluruh pimpinan DPRD kota seluruh Indonesia untuk menyamakan dan menyatukan persepsi dalam menyelenggarakan lembaga negara atau daerah yang baik dan kuat,” terangnya.

Untuk diketahui, Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia atau disingkat Adeksi adalah wadah kerjasama antar DPRD kota seluruh Indonesia yang didirikan pada 26 Juni 2002 sebagai program desentralisasi otonomi daerah.

Saat ini Adeksi memiliki keanggotaan kurang lebih 90 DPRD Kota seluruh Indonesia. Secara fungsi dibentuknya Adeksi ini memiliki tugas dalam memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pengembangan kapasitas anggotanya.

Kemudian Adeksi juga kerap melakukan advokasi dan penyediaan layanan informasi dan publikasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam negeri maupun luar negeri.

"Kekompakan kita bersama eksekutif harus tetap terjaga dengan baik apabila nanti kepala daerah dijabat oleh pejabat sementara dengan berlangsungnya Pilkada 2024," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru