Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bekantan Perusak Kebun akan Dilepasliarkan di Kobar

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 15 Maret 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, memastikan akan melepasliarkan bekantan yang sebelumnya diserahkan warga Jalan Bumi Asri, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kotawaringin Timur. Bekantan yang sempat merusak kebun sayur warga itu akan dibawa ke Kotawaringin Barat.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah menjelaskan, meski kondisi bekantan dalam keadaan sehat pihaknya tak bisa langsung melepasliarkan. Sebab tali yang mengikat di tubuh primata itu terlalu erat. Sehingga harus dibius saat melepasnya.

"Kalau dipaksakan dilepas dengan ikatan itu nanti bahaya bagi bekantan itu sendiri. Sebab dia tidak bisa melepaskannya," jelas Muriansyah, Selasa, 15 Maret 2022. 

Sebelumnya petugas BKSDA dibantu personel Manggala Agni berencana melepasliarkan bekantan tersebut di hutan di Kotawaringin Timur. Namun karena karena kondisi ikatan tali yang dipasang warga terlalu erat maka bekantan akan dilepasliarkan di Taman Nasional Tanjung Puting atau Suaka Margasatwa Lamandau, di Kotawaringin Barat. 

Bekantan yang sebelumnya diamankan warga itu berjenis kelamin jantan. Ukurannya pun cukup besar. Sehingga bila nekat melepas tali secara langsung dapat berisiko bagi petugas. 

Bekantan itu diamankan oleh warga Jalan Bumi Asri, sekitar kompleks Bumi Ayu. Bekantan sempat merusak kebun sayur warga dan memakannya. Warga pun beramai-ramai mengepung primata itu hingga akhirnya tertangkap. Kemudian diserahkan ke BKSDA Pos Jaga Sampit, Senin, 15 Maret 2022. (USAY NOR RAHMAD/B-5)

Berita Terbaru