Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemunculan Satwa Liar di MB Ketapang Jadi Perhatian Kecamatan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 15 Maret 2022 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pihak Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, menyoroti adanya satwa liar yang masuk permukiman warga yang terjadi baru-baru ini. Seperti kemunculan bekantan di kebun sayur warga di Jalan Bumi Asri, Sampit, Senin, 14 Maret 2022.

"Ya ini menjadi perhatian kami. Apalagi satwa liar yang masuk ke permukiman warga itu adalah jenis yang dilindungi," ungkap Sekretaris Kecamatan MB Ketapang, Irpansyah, Selasa, 15 Maret 2022. 

Dia pun mengimbau masyarakat, khususnya di Kecamatan MB Ketapang agar melaporkan bila mengalami gangguan satwa liar. Terutama satwa liar yang dilindungi oleh negara. 

" Kami imbau segera laporkan ke pihak terkait. Jangan ditangkap, dipukul, apalagi dibunuh karena bisa berdampak hukum," kata Irpansyah. 

Irpansyah juga menyayangkan kerusakan habitat satwa yang terjadi sekarang ini. Ini memaksa satwa liar bermigrasi mencari makan mendekati permukiman warga. 

Dia berharap, kemunculan satwa liar dilindungi tak banyak terjadi di kecamatan itu. Sebab rawan sekali memicu konflik, berbahaya bagi satwa liar maupun bagi masyarakat. 

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, masih memiliki kawasan hutan yang memiliki luas lumayan. Sebab itu diyakini masih banyak satwa liar seperti bekantan, orangutan, beruang dan satwa dilindungi lainnya. Sehingga hal ini mengakibatkan potensi kemunculan dan konflik cukup tinggi. 

"Makanya kalau ada melihat menemukan satwa dilindungi segera hubungi petugas berwenang," tandasnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru