Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berikut Cara Atasi Demam Anak Secara Mandiri

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Mei 2024 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah memberikan edukasi menjadi 'dokter pribadi' bagi keluarga mengatasi panas atau demam.

dr. Erny Indrawati, selaku Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE) didampingi, Popo Subroto selaku Koordinator Unit Promkes RSUD Kapuas menyampaikan cara mengatasi demam secara mandiri, antara lain usahakan cukup istirahat berbaring, sebaiknya tidak berselimut.

"Tetapi bila anak menggigil boleh diselimuti karena menggigil merupakan tanda bahwa panas tubuh belum merata, atau bila kaki anak dingin kenakan kaos kaki," katanya, Rabu, 1 Mei 2024.

Bila sudah tidak meggigil atau kaki sudah hangat sebaiknya selimut dan kaos kaki dilepas, karana dapat membuat demam anak makin tinggi. Selimut dan kaos kaki menghalangi proses penguapan. Usahakan kondisi kamar nyaman dan sejuk atau ber-AC. 

"Tapi aturlah suhu AC tidak terlalu dingin. Kenakan pakaian tipis dalam ruangan dengan ventilasi udara yang baik," tuturnya.

Karena demam dapat menghabiskan cadangan karbohidrat, protein, dan lemak dengan cepat, maka untuk menghindari tubuh semakin lemah, konsumsi makanan yang mudah dicerna (misalnya bubur) akan sangat membantu proses pemulihan. 

Hindari makanan berlemak dan yang sulit dicerna karena demm menurunkan aktivitas lambung. Untuk mengimbangi proses penguapan selama demam, kebutuhan cairan harus diperhatikan, karena saat demam kebutuhan cairan meningkat, untuk itu diperlukan minum lebih banyak.

Air minum dapat berupa air putih, jus buah, air kaldu, air kelapa, minuman isotonis. Minum air putih yang banyak juga bisa menjadi pengencer dahak (ekspektoran). 

"Sekalah tubuh dengan kain basah, lakukan hal ini selama 5-7 menit. Hal ini dapat membantu proses penguapan kulit, sehingga suhu tubuh akan turun. Anda juga dapat mengompres dengan air hangat. Biasanya dengan mengompres 30-45 menit dapat menurunkan demam," tuturnya.

Ukur suhu tubuh tiap 4-5 jam dan catatlah. Hal ini bertujuan untuk memantau perjalanan demamnya dan tindakan apa yang harus segera dilakukan bila demam tidak turun. Beri obat penurun demam sesuai dosis (terutama pada bayi dan anak). 

Berita Terbaru