Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Monyet Peliharaan Gigit Tangan Majikannya hingga Sobek di Desa Telaga Baru

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 16 Maret 2022 - 22:34 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Rahmiyanti, warga di Desa Telaga Baru, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang digigit monyet hingga mengalami luka sobek pada tangannya, Rabu 16 Maret 2022.

Mengalami kejadian itu korban pun meminta pertolongan ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotawaringin Timur dan aktivis pecinta satwa liar. 

Hary, aktivis pecinta satwa liar mengungkapkan monyet ekor panjang itu merupakan peliharaan korban. Sebelumnya monyet tersebut didapatkan di alam liar dan dipelihara. 

"Monyet tersebut sudah cukup lama dipelihara sampai pada akhirnya menyerang pemiliknya sendiri sampai luka," ungkapnya. Mendapat laporan ini Hary mendampingi petugas Disdamkarmat Kotim untuk mengevakuasi monyet liar itu. 

"Dia menyerahkan monyet itu kepada kami untuk selanjutnya evakuasi dan dilepasliarkan," katanya. Evakuasi berjalan lancar meski sedikit mengalami kendala karena monyet terlalu agresif. Sehingga petugas harus ekstra hati-hati untuk menangkap dan memasukkannya ke kandang.

Namun berkat pengalaman yang dimiliki, pecinta satwa liar yang bisa juga disebut animal rescuer itu berhasil mengamankan monyet tersebut.  "Monyet tersebut sudah kami lepaskan di salah stau kawasan hutan di Kotim," katanya. 

Meski kera ekor panjang tak dilindungi, Hary menyangkan masih ada masyarakat yang mau memelihara satwa liar itu. Dia mengimbau masyarakat tak nekat memelihara satwa liar semacam monyet dan lainnya. Sebab akan merugikan dan membahayakan pemiliknya sendiri. (USAY NOR RAHMAD/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru