Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes Diminta Mulai Terapkan Sistem Transaksi Digital

  • Oleh Nopri
  • 18 Maret 2022 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kabupaten dan kota agar menerapkan digitalisasi dalam sistem transaksinya.

Plt Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng, Aryawan mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PT Bank Kalteng terkait akan diberlakukannya transaksi digital bagi BUMDes.

"Saat ini kita memang di tuntut untuk dapat melek teknologi. Karena teknologi ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal, khususnya untuk lebih mengoptimalkan pelayanan transaksi jual-beli di BUMDes," katanya, Kamis, 17 Maret 2022.

Dia mengatakan, kedepannya PT Bank Kalteng akan menyiapkan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) Rp 5 juta sampai 10 juta per BUMDes yang telah terdaftar,  untuk memaksimalkan pengelolaan dan pengembangan BUMDes.

"Kita inginkan pengelolaan BUMDes di seluruh kabupaten lebih maksimal. Sehingga nantinya, BUMDes ini dapat menjadi penopang ekonomi di tiap-tiap desa," jelasnya.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada seluruh pemerintah kabupaten dan kota untuk memberikan dukungan terhadap program pengembangan BUMDes, demi mewujudkan pemerataan pembangunan khususnya di tingkat desa merupakan tanggung jawab bersama. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru