Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Kepala Disdukcapil Kapuas Paparkan Ini Saat Terima Kunker Komisi I DPRD Kalteng

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Maret 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcalil Kabupaten Kapuas menerima kunjungan kerja dari anggota Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng).

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Sipie S Bungai dalam kesempatan itu menyampaikan pemaparan terkait kondisi pelayanan dan bagaimana mekanisme, program serta realisasi sampai dengan bulan Februari 2022.

"Iya, kemarin kami paparkan kepada Komisi I DPRD Kalteng yang melakukan kunker. Terutamanya terkait pelayanan di Disdukcapil," kata Sipie, Jumat 18 Maret 2022.

Disebutkannya, bahwa kunjungan kerja tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering, didampingi Wakil Ketua Komis I Kuwu Senilawati, Sekretaris Sirajul Rahman, dan 6 orang anggota DPRD serta para staff.

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan bahwa cakupan pelayanan Disdukcapil Kapuas ini memiliki luas wilayah kurang lebih 14.999 Km², yang terdiri atas 17 kecamatan dan 214 desa dan 17 kelurahan.

"Dengan jumlah penduduk 411.168 jiwa dan 132.728 jumlah kepala keluarga, dengan luas wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk yang banyak," jelasnya.

Dalam meningkatkan pelayanan itu, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, salah satu inovasi yang telah dilakukan adalah Inovasi SIMPUN (Sinde Muhun Pelayanan Uras Dinun) yang artinya sekali turun ke desa-desa masyarakat mendapatkan semua dokumen kependudukannya.

"Selain itu, sampai dengan tahun 2022 ini Disdukcapil sudah menjalin kerja sama dengan 6 OPD yang ada di lingkungan Pemkab Kapuas dan memiliki kurang lebih 20 jumlah inovasi," bebernya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru