Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Terus Gali Potensi PAD dari Sektor Pajak

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Maret 2022 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mendorong pemda di Kalteng supaya dapat terus menggali potensi PAD dari sektor perpajakan terutama wajib pajak yakni PBS yang ada di provinsi ini.

Dia mengungkapkan, di Kalteng ada banyak PBS yang beroperasi. Akan tetapi, ia menyebut minim kontribusi terhadap daerah terutama membayar pajak. Pasalnya, kebanyakan dari PBS yang ada memiliki NPWP di luar cabang Kalteng, sehingga dalam membayar pajak PBS ini langsung ke pusat.

"Jadi kami mendorong Pemprov supaya tegas akan hal ini, dan mengimbau seluruh PBS yang ada di Kalteng supaya membuat dan harus memiliki NPWP cabang Kalteng agar pajak yang dibayar langsung ke daerah," ucapnya, Jumat, 18 Maret 2022.

Dia mengatakan, pembayaran pajak langsung ke pusat tentu akan berdampak pada minimnya pendapatan daerah. Sebab, pemerintah pusat hanya menerapkan sistem bagi hasil. Dengan demikian, daerah hanya mendapat bagian sangat sedikit dan itu tidak sebanding dengan SDA Kalteng yang dikeruk.

"Dengan sistem bagi hasil itu pajak yang didapat Kalteng tidak mampu menopang PAD maupun APBD. Jadi, dengan memiliki NPWP cabang Kalteng PBS yang berdiri di Kalteng akan langsung membayar pajak ke daerah, nah dari sini pasti akan memberikan dampak positif bagi pendapatan daerah," tuturnya.

Dia menegaskan, jangan sampai SDA yang dimiliki Kalteng ini hanya dikeruk dan PBS mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Sedangkan Kalteng hanya menjadi penonton tanpa bisa menikmati hasilnya. Oleh karenanya, pemerintah daerah harus tegas supaya PBS yang ada dapat berkontribusi bagi pembangunan daerah ini.

"Persoalan seperti ini sebenarnya sudah lama terjadi, tapi belum ada ketegasan dalam kebijakan yang dibuat. Harapan kita ini bisa menjadi perhatian pemerintah di Kalteng dan tahun 2022 ini permasalahan itu dapat segera ditindaklanjuti, sehingga PBS yang berinvestasi di provinsi ini memiliki NPWP Cabang Kalteng," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru