Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Beri Penyuluhan Kesehatan Peringati Hari Ginjal Sedunia

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Maret 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan edukasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat terutamanya terkait dengan penyakit ginjal.

Kegiatan itu juga dilaksanakan memperingati World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia Tahun 2022 yang diperingati setiap bulan Maret, bertempat di ruang Unit Hemodialisa.

dr Daya Daryadijaya selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam, beserta Tim pelayanan hemodialisa memberikan edukasi kepada masyarakat yang hadir.

Daya mengatakan begitu pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh kita, untuk itu pentingnya menjaga pola hidup sehat untuk mencegah gangguan ginjal.

"Saat kegiatan penyuluhan kami imbau warga dalam pentingnya deteksi dini sehingga dapat segera diidentifikasi dan mendapatkan penanganan yang tepat sejak awal, maka peluang untuk sembuh pun jauh lebih besar," kata dr Daya, Selasa 22 Maret 2022.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap dari waktu ke waktu.

"Penyakit ginjal kronis mencakup kondisi yang merusak ginjal karena kemampuannya untuk menyaring limbah dari darah itu menurun," ucapnya.

Apabila penyakit ginjal semakin memburuk, limbah dapat menumpuk ke tingkat tinggi dalam darah hingga akhirnya timbul rasa sakit.

Selain itu, lanjut dia untuk layanan cuci darah atau hemodialisis untuk pasien gagal ginjal di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dapat menggunakan layanan BPJS.

"Layanan kesehatan ini terselenggara untuk memberikan semangat sehat bagi penderita pasien gagal ginjal kronis," ucapnya.

Diakhir kegiatan, diberikan bingkisan bagi para masyarakat yang hadir mengikuti kegiatan Hari Ginjal Sedunia ini dan aktif dalam memberikan pertanyaan dan jawaban selama kegiatan berlangsung. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru