Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan Salurkan Bantuan Bibit Ikan Dukung Food Estate

  • Oleh Asprianta
  • 25 Maret 2022 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kelompok Tani Desa Mentaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau mendapatkan bantuan bibit ikan pepuyu dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Penyerahan bibit ikan sendiri dilakukan pihak kementerian melalui Balai Pembibitan Ikan Mandiangin, Kalimantan Selatan. "Penyaluran bantuan bibit ikan pepuyu bagi kelompok tani desa Mentaren 2 ini merupakan program Kementrian Kelautan dan Perikanan berkerjasama dengan Balai Pembibitan Ikan Mandiangin, Kalimantan Selatan," ucap Pelaksana tugas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pulpis Slamet Untung Riyanto.

Slamet sapaan akrab Plt Kepala DKP Pulpis itu menjelaskan penyaluran bantuan bibit ikan itu merupakan  salah satu program kementerian dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi masyarakat dimasa pandemi.

Selain itu, lanjutannya, penyaluran bibit ikan di wilayah Bumi Handep Hapakat juga dalam rangka mendukung program ketahanan pangan atau food estate yang tengah digenjot saat ini. 

"Selain dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid 19 ini, penyaluran bibit ikan ini juga dalam mendukung program ketahan pangan yang tengah dibangun di Pulang Pisau," katanya.

Slamet juga menjelaskan penyaluran bantuan bibit ikan pepuyu di Pulpis akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama disalurkan bagi kelompok tani desa Mentaren 2. Sementara di tahap 2 akan diserahkan bagi kelompok tani di Desa Garong.

Selain diberikan bantuan bibit ikan beserta pakan, pihak kelompok tani juga akan mendapat pendampingan dari pihak Balai pembibitan Mandiangin, Kalsel baik dari segi pemeliharaan hingga strategis penjualan.

"Selain dapat bibit ikan dan pakan, anggota kelompok tani ini nanti akan diberikan pengetahuan terkait cara membudidayakan ikan dan juga akan didampingi oleh pihak Balai pembibitan mandiangin dalam melakukan penjualan nantinya," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru