Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dongkrak Perekonomian, Masyarakat Diminta Jeli Melihat Peluang

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Maret 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka mendongkrak kembali perekonomian yang sempat menurun akibat dampak pandemi Covid-19, Anggota DPRD Kalteng, Maryani Sabran meminta agar masyarakat jeli melihat peluang yang bisa dijadikan usaha.

Maryani mengatakan, ada begitu banyak berbagai macam peluang usaha yang dapat dikembangkan, seperti salah satunya sektor perikanan. Usaha ini bisa dijadikan solusi dan investasi jangka menengah jika dioptimalkan, sehingga pada akhirnya akan berdampak terhadap penghasilan harian atau berkala bagi masyarakat.

"Pengembangan sektor perikanan tidak kalah menjanjikan dibanding sektor lain. Rentang waktu panennya pun singkat dan bisa disitribusikan ke pasar lokal, atau diolah menjadi produk UMKM. Bahkan jika dikembangkan secara maksimal bisa juga diekspor dan distribusikan keluar daerah," ujarnya, Senin, 28 Maret 2022.

Srikandi PDI Perjuangan ini juga mengatakan masyarakat jangan sampai bersikap pasif dalam mengembangkan sektor usaha tersebut. Menurutnya, masyarakat dapat membentuk kelompok usaha agar bisa mengajukan bantuan kepada pemerintah melalui dinas atau instansi terkait.

Dia berharap, bantuan seperti bibit maupun sarana atau fasilitas pendukung lainnya bisa segera direspon serta diwujudkan oleh pemerintah, supaya usaha perikanan itu dapat berkembang secara optimal, dan mampu memberikan penghasilan positif dari segi ekonomi.


"Masyarakat bisa membentuk sebuah kelompok dalam rangka mengelola sektor itu secara mandiri. Kemudian, ajukan proposal bantuan kepada pemerintah, atau bisa juga diajukan melalui DPRD khususnya komisi II supaya bisa diteruskan ke dinas terkait. Kami juga bisa mengawal aspirasi itu hingga benar-benar direalisasikan oleh pemerintah," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru