Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beragam Kasus Kejahatan ini Patut Diwaspadai Masyarakat Selama Ramadan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 April 2022 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabag Ops Polres Kotawaringin Timur (Kotim), Kompol Zaldy Kurniawan, mengingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap kasus kejahatan di bulan suci Ramadan.

Menurutnya, ada beberapa tindakan kriminal atau aksi kejahatan yang perlu diantisipasi dan diwaspadai. Di antaranya peredaran uang palsu, gendam atau hipnotis, dan pencurian kendaraan bermotor. 

"Melihat dari beberapa tahun belakangan ini, 3 kasus tersebut kerap terjadi di bulan Ramadan. Masyarakat harus lebih waspada terhadap kasus ini," ujar Zaldy mewakili Kapolres Kotim AKBP Sarpani, Selasa, 5 April 2022. 

Terkait peredaran uang palsu, biasanya pelaku menyasar para pedagang sembako, toko pakaian, dan pedagang lainnya. Sehingga, jika menerima uang dari para pembeli, pedagang harus lebih teliti. 

"Harus dilihat, diraba, dan diterawang. Agar tidak menjadi korban peredaran uang palsu tersebut," kata Zaldy.

Sementara terkait gendam, masyarakat juga diimbau tidak menggunakan perhiasan mencolok atau membawa uang berlebihan. Karena, bisa menjadi incaran pelaku kriminal tersebut. 

"Terkait pencurian motor, sudah sering kami imbau agar tidak memarkir kendaraan sembarang tempat. Utamakan mengunci stang, dan jika memang bisa gunakan kunci ganda," terang Zaldy.

Sedangkan Polres Kotim sendiri saat ini terus berupaya mengantisipasi segala tindakan kejahatan dengan meningkatkan patroli ke sejumlah titik rawan. 

"Patroli rutin juga kami lakukan guna mengantisipasi tindakan kejahatan," terang Zaldy. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru