Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Benua Lima Apresiasi Gotong Royong Bedah Rumah di Desa Bamban

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 April 2022 - 23:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Plt Camat Benua Lima, Simon Stevins Oktavianus mengapresiasi kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Bamban dan masyarakat untuk mendukung program bedah rumah sehingga memberikan hasil yang optimal bagi keluarga penerima manfaat.

"Dengan kegiatan gotong royong dana bedah rumah yang hanya Rp 15 juta bisa untuk dibuatkan bangunan rumah yang baru yang layak untuk ditempati. Partisipasi masyarakat di sini luar biasa," ungkap Simon saat meninjau kegiatan gotong pembangunan rumah di RT 03 Desa Bamban, Rabu, 6 April 2022.

Dia berharap kebiasaan gotong royong ini tetap dilestarikan untuk saling meringankan beban antar warga.

Kepala Desa Bamban, Kariani menjelaskan program bedah rumah yang dianggarkan pada Dana Desa tahap 1 pada 2022 sebanyak 2 buah rumah yang terletak di RT 03 dan RT 05.

Meski program bedah bertujuan untuk merehabilitasi rumah warga yang rusak namun dalam program ini semua rumah dibangun baru dengan ukuran 4x6 meter. Rumah tersebut berbentuk semi permanen dengan lain semen kasar dan atap seng.

"Kita bisa bangun baru karena dana Rp 15 juta hanya untuk belanja bahan bangunan, sedangkan untuk kegiatan pembangunan warga bergotong royong tanpa upah, bahkan ada warga yang menyumbang bahan makanan dan minuman," jelasnya.

Kariani mengungkapkan keluarga penerima manfaat bedah rumah di RT 03 tersebut merupakan petani karet dengan anggota keluarga sebanyak 6 orang. Dengan jumlah anggota keluarga seperti itu rumah yang sebelumnya tidak layak lagi untuk ditempati.

"Harapan kami dari pemerintah desa dengan program bedah rumah ini ke depannya tidak ada lagi warga Bamban yang tinggal di rumah yang tidak layak huni," ujarnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru