Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Kuala Kembangkan Obyek Wisata Kempeng di Pesisir Laut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 April 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejumlah wilayah di Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan berpotensi untuk pengembangan obyek wisata, terutama wilayah pinggiran Pantai Pegatan yang masuk wilayah Laut Jawa.

Camat Katingan Kuala, Hariadi Utomo pada Sabtu,  9 April 2022 membenarkan jika ada banyak wilayahnya yang berpotensi untuk pengembangan tempat-tempat wisata itu. 

"Salah satunya adalah obyek wisata Kempeng yang berada di pesisir pantai Laut Jawa," sebut Hariadi Utomo. 

Bahkan, kata dia, di tempat ini sudah ada berdiri beberapa gazebo atau tempat beristirahat teduh semacam gubuk dan tempat santai. 

Obyek wisata Kempeng ini berada di wilayah Desa Kampung Keramat yang sebagian berada tidak jauh dari Pantai Pegatan.

Hari Utomo mengaku,  rencananya pada hari libur Idulfitri 1443 Hijriyah mendatang, Karang Taruna Desa Kampung Keramat berencana menggelar acara semacam hiburan musik di Kempeng tersebut. 

Tujuannya menghibur masyarakat atau pengunjung yang datang di lokasi. Sebab, saat hari libur lebaran tahun sebelumnya, wisata Kempeng tidak jarang dikunjungi warga, baik dari wilayah Kecamatan Katingan Kuala maupun Kecamatan Mendawai dan lainnya. 

Hariadi Utomo mengatakan, lokasi wisata Kempeng sekitar 10 menit jika ditempuh dari Pegatan, ibu kota Kecamatan Katingan Kuala. "Harapan kami kedepan wisata Kempeng itu menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Sebab sebetulnya, tempat wisatanya tidak kalah menarik dengan obyek wisata pinggir pantai daerah lain, namun masalah infrastruktur jalan dari Kasongan sejauh ini masih belum bisa tembus," demikian kataCamat Katingan Kuala,  Hariadi Utomo. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru