Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur Sampaikan Laporan Hasil Reses Perorangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 April 2022 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Barito Timur menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil kunjungan kerja dalam daerah atau reses perorangan pimpinan dan anggota DPRD. masa sidang II Tahun Sidang 2022, Kamis, 28 April 2022.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Nursulistio, laporan hasil reses dari daerah pemilihan I dibacakan oleh anggota DPRD dari Partai Golkar Rini, kemudian dari daerah pemilihan II dibacakan oleh anggota DPRD dari Partai Nasdem Hadi Santoso dan laporan hasil reses dari daerah pemilihan III dibacakan oleh anggota DPRD dari Partai Keadilan dan Persatuan H Ahmadi.

Saat diwawancarai usai rapat paripurna, Ketua DPRD mengungkapkan, usulan atau aspirasi masyarakat sebagian besar masih terkait kondisi infrastruktur di Barito Timur.

"Tadi sudah dibacakan oleh setiap dapil banyak sekali perbaikan infrastruktur yang diminta oleh masyarakat seperti jalan poros di lingkungan pemukiman, jalan kabupaten maupun jalan usaha tani," ujarnya.

Usulan tersebut menjadi bahan pertimbangan DPRD. Oleh karena itu pihaknya berharap agar pemerintah daerah ke depan menyesuaikan usulan yang telah disampaikan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD maupun visi misi kepala daerah.

"Kemudian mengakomodirnya dalam tahun anggaran 2023, kalau ternyata mendesak seperti perbaikan jalan dan jembatan yang sifatnya darurat tolong segera direspon di APBD perubahan atau menggunakan dana pemeliharaan," tambahnya.

Politisi Partai Golkar ini mencontohkan jalan yang perlu segera diperbaiki yakni jalan penghubung Desa Jihi dan Desa Tuyau yang kondisi kerusakannya sudah sangat parah serta jalan penghubung Desa Sarapat dan Desa Murutuwu.

Mengingat usulan yang disampaikan masyarakat cukup banyak, maka DPRD bersama Bappedalitbang dan tim anggaran pemerintah daerah atau TAPD akan melakukan evaluasi untuk memilah dan memilih mana usulan yang perlu mendapatkan prioritas serta membawa dampak pada masyarakat luas.

"Usulannya sangat banyak sekali sehingga kalau dirupiahkan tidak mungkin sekaligus diakomodir semua, namun kami berharap pembangunan kedepan tidak jauh dari usulan yang telah disampaikan masyarakat," katanya.

"Jangan sampai pembangunan yang kita programkan di luar usulan yang disampaikan masyarakat karena pembangunan haruslah riil kebutuhan masyarakat," tegasnya lagi.

Rapat paripurna juga dihadiri secara langsung oleh Wakil Bupati Barito Timur dengan didampingi oleh Asisten I Sekda Bertulumeus. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru