Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Disbudpar Gunung Mas Capai Target PAD 2022

  • Oleh Riska Yulyana
  • 05 Mei 2022 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Eigh Manto mengaku terus melakukan berbagai hal agar pihaknya bisa mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) tahun ini.

"Target PAD tahun ini mencapai Rp50 juta dan kami terus berupaya untuk bisa mencapai target tersebut," ujarnya, Kamis 5 Mei 2022. PAD Disbudpar didapat dari objek wisata Air Terjun Batu Mahasur.

Untuk bisa mencapai target PAD, pihaknya melakukan berbagai hal termasuk mempromosikan objek wisata Air Terjun Batu Mahasur melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. 

Pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Parisiwata Provinsi Kalimantan Tengah untuk mempromosikan objek wisata di daerahnya melalui Instagram.

"Ke depannya kita akan menggunakan aplikasi terkait e-tiket untuk masuk ke Air Terjun Batu Mahasur agar pendapatannya bisa lebih terpantau," jelasnya.

Pihaknya juga sering bekerja sama dengan komunitas atau organisasi yang ada di Kabupaten Gunung Mas guna mempromosikan objek wisata air terjun Batu Mahasur. 

Misalnya dengan adanya kegiatan dari sebuah komunitas di Air Terjun Batu yang kemudian diunggah ke media sosial komunitas tersebut secara tidak langsung mereka juga turut membantu mempromosikan objek wisata Air Terjun Batu Mahasur.

Tahun ini pihaknya berencana untuk membangun beberapa fasilitas penunjang di Air Terjun Batu Mahasur seperti taman. Pembangunan tersebut sudah tertuang dalam master plan Disbudpar, karena membutuhkan dana yang cukup besar pihaknya menggunakan dana bagi hasil (DBH) dari Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP).

Saat ini pihaknya sedang menunggu persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk bisa menggunakan dana tersebut.

"Kalau fasilitas penunjung sudah terbangun, diharapkan makin banyak warga yang tertarik untuk datang ke Air Terjun Batu Mahasur dengan demikian mudah-mudahan untuk mencapai target PAD menjadi lebih mudah," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru