Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Malintut di Barito Timur Ingin Lengkeng Jadi Ikon Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Mei 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Desa Malintut Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur, Yunus AG mengungkapkan keinginan pihaknya agar tanaman buah kelengkeng atau lengkeng dapat menjadi ikon atau indentitas desa yang dipimpinnya tersebut.

"Selain bermanfaat untuk menambah penghasilan masyakat juga sekaligus menjadi ikon desa karena tempat penanamannya di depan rumah warga, kantor pemerintah dan fasilitas umum lainnya," ujarnya kepada Borneonews saat menyerahkan bibit lengkeng kepada warga, Senin, 9 Mei 2022.

Artinya, lanjut Yunus, kelak orang akan mengenal Desa Malintut sebagai penghasil buah lengkeng atau menjadi ciri khas desa tersebut.

Dia menjelaskan, untuk mengadakan bibit lengkeng, pemerintah desa mengalokasikan anggaran sebesar Rp80 juta dari Dana Desa tahap 2 tahun 2022.

"Ada 212 kepala keluarga yang mendapatkan bantuan bibit melalui program pemberdayaan masyarakat ini. Kami berharap bibit yang telah diterima ditanam dan dirawat dengan baik sehingga bermanfaat bagi keluarga dan jadi kebanggaan desa kita nanti," pesan Yunus.

Lengkeng merupakan salah satu jenis buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis, seperti Asia. Buah ini banyak ditemukan di Tiongkok, Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Buah dengan nama latin Dimocarpus longan Lour ini kadang dijuluki juga dengan nama mata kucing.

Buah yang dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi sup buah tersebut diketahui kaya akan nutrisi, seperti serat, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, kalium, serta antioksidan polifenol dan flavonoid. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru