Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkenalkan Bahasa Daerah Lokal Kalteng Sejak Dini

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Mei 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di era kemajuan zaman saat ini tentu didalam penggunaan bahasa sangat beragam dan tidak sedikit masyarakat khususnya anak-anak terutama di wilayah perkotaan yang tidak mengenal bahasa daerahnya sendiri.

Oleh karena itu Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma meminta kepada semua pihak khususnya para orang tua agar dapat mengenalkan atau memberikan edukasi terkait penggunaan bahasa daerah lokal Kalteng kepada anak-anaknya semenjak dini.

"Karena bahasa daerah lokal kita di Kalteng ini perlu dilestarikan, jadi jangan sampai anak-anak kita tidak bisa berbahasa daerah. Disinilah peran orang tua agar mengenalkan bahasa itu kepada anak-anaknya sejak dini," ucapnya, Rabu, 11 Mei 2022.

Dia menerangkan, mengajarkan atau megenalkan anak-anak terhadap bahasa lain itu sah-sah saja terlebih bahasa nasional yakni Indonesia, akan tetapi jangan sampai lupa mengajarkan bahasa lokal yang sudah menjadi jati diri daerah ini.

Menurutnya, dalam rangka melestarikan bahasa daerah itu harus dimulai dari tingkat paling bawah yakni semenjak dini yang dilakukan oleh para orang tua kemudian melalui pembelajaran bahasa daerah di satuan pendidikan atau sekolah.

"Tentu kita tidak ingin bahasa daerah lokal dilupakan begitu saja, sehingga jati diri daerah ini hilang. Jadi, mari bersama-sama kita lestarikan bahasa daerah Kalteng agar hingga kedepannya dari kelompok usia dapat mengenal serta dapat berbahasa daerah (dayak) dengan baik dan benar," tandasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru