Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Konsisten Beri Ruang Hak Perempuan Wujudkan Kesetaraan Gender

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Mei 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus konsisten memberikan dukungan terhadap kaum perempuan dalam hal kesetaraan gender.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3APM) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan.

Tidak bisa dipungkiri, ungkap Sahdin, pemberdayaan perempuan dalam kesetaraan gender, sangat penting karena apabila terwujud kesetaraan gender, dapat mencerminkan capaian pembangunan dan perekonomian.

"Salah satu bukti berkembangnya suatu daerah yaitu kesetraan gender antara hak perempuan dan laki-laki. Sebab saat ini semua berhak mendapatkan kesetaraan, baik dalam karir mapun hal lain. Jadi, jangan menganggap perempuan lemah dan dipandang sebelah mata," kata dia, Minggu, 15 Mei 2022.

Di sisi lain, berbicara kesetaraan gender tentu hal tersebut berorientasi pada keseimbangan untuk memberi ruang hak dan kesempatan yang sama, moralitas, keadilan dan lain-lain, yang menempatkan kaum perempuan dalam posisi yang sama.

"Seperti apa yang diperjuangkan ibu Kartini bahwa perempuan juga mampu berkarya dan berkarir. Jadi ini lah yang akan kita wujudkan di Kota Cantik. Salah satunya yakni tekanan moral yang biasanya menimpa kaum hawa saat ini," jelasnya.

Menurutnya, kesetaraan gender merupakan kesempatan yang sama bagi laki-laki dan perempuan dalam berkontribusi dalam banyak hal, baik itu ekonomi, pendidikan, kesehatan serta political empowerment.

"Tahun lalu Kota Palangka Raya berhasil meraih prestasi peringkat kedua se-Kalteng, dalam hal kesetaraan gender. Ini salah satu bukti perhatian Pemko Palangka Raya terhadap kaum perempuan," sebutnya.

Maka dari itu, tambah dia, Pemko Palangka Raya, hingga kini terus konsisten dalam hal pemberdayaan perempuan, mengingat pentingnya kesetaraan gender bagi berbagai aspek pembangunan. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru