Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Harap Pemda Optimal Gali Potensi PAD

  • Oleh Donny Damara
  • 21 Mei 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Sirajul Rahman berharap kepada pemda di Kalteng supaya dapat optimal dalam upaya menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD).

Ia menerangkan, ada banyak potensi yang dapat dioptimalkan untuk mengasilkan PAD dari berbagai sektor. Dan hal itu harus dapat dimaksimalkan untuk pendapatan daerah agar bisa terus mengalami peningkatan.

"Contoh seperti salah satunya sektor pajak dan restribusi, ini merupakan potensi yang perlu dioptimalkan. Belum lagi sektor-sektor lainnya, itu merupakan peluang untuk PAD," ujarnya, Sabtu, 21 Mei 2022.

Diungkapkannya, seperti pada sektor perpajakan hingga saat ini ada yang masih belum optimal digali oleh daerah salah satunya pajak air permukaan. Menurutnya, pajak dari air permukaan ini berpeluang untuk meningkatkan pendapatan daerah.

Pasalnya, di Kalteng sendiri ada begitu banyak perusahaan besar swasta (PBS) yang menggunakan air permukaan dan jika hal tersebut dimanfaatkan dengan baik maka dapat menguntungkan bagi daerah-daerah di Kalteng ini.

"Apalagi kita sudah memiliki perda yang mengatur itu, hanya saja sosialisasi dan implementasinya masih kurang optimal, jadi hal ini perlu terus didorong agar perda yang ada bisa bejalan," ucapnya.

Dia menyebut, apabila PAD bisa terus mengalami peningkatan maka hal itu akan berpengaruh atau memberikan dampak positif untuk pembangunan diberbagai bidang dan juga kesejahteraan masyarakat di wilayah Kalteng.

"Kita berharap dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah ini, sosialisasi mengenai perda pajak air permukaan harus digencarkan, dan juga mengoptimalkan pendapatan dari sektor-sektor lainnya," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru