Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Owa Kesepian di Sampit Langsung Dibawa ke Pangkalan Bun

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Mei 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Owa yang sempat dipelihara warga Jalan Delima 7, Sampit, Kotawaringin Timur, akhirnya dievakuasi oleh Rim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi (SKW) Wilayah II Pangkalan Bun Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Sabtu 21 Mei 2022. 

Owa betina tersebut langsung dibawa ke Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat untuk selanjutnya dilepasliarkan. 

"Kalau sampai Pangkalan Bun akan dicek ulang kesehatannya. Kemudian pimpinan kami akan memutuskan direhabilitasi atau dilepasliarkan langsung," ungkap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah. 

Bila memungkinkan owa akan langsung dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Lamandau. Sebab tempat ini yang dinilai paling tepat untuk tempat tinggal owa Kalimantan itu. 

Owa betina itu diperkirakan berusia 8 tahun. Saat ditemukan owa diperkirakan baru berusia sekitar 1 tahun di wilayah Utara Kotawaringin Timur dan dipelihara Nurita selama sekitar 7 tahunan. 

Namun semakin hari saat ini owa mengganas. Diduga owa sedang mengalami masa birahi dan mencari pasangannya . 

BKSDA pun mengimbau warga yang masih memelihara satwa liar maupun dilindungi agar segera menyerahkan kepada petugas. Sebab memelihara satwa dilindungi merupakan perbuatan melanggar hukum. 

"Alhamdulilah semakin tahun, kesadaran masyarakat makin meningkat. Sehingga tanpa disita mereka dengan sadar menyerahkan satwa yang ditemui bahkan yang sudah sempat dipelihara,"  katanya. (USAY NOR RAHMAD/B-6/B-6)

Berita Terbaru