Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Perketat Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 23 Mei 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Menjelang Hari Raya Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKKP) Sukamara akan perketat pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban, terlebih banyaknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK di beberapa daerah.

"Untuk kepangawasan pasti kita lakukan, terutama post mortem dan ante mortem yang kita fokuskan kepada kesehatannya," kata Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Sri Pambudi, Senin, 23 Mei 2022.

Menurut dia, ternak yang dikurbankan harus dalam kondisi sehat, tidak boleh sedang sakit mengingat hal tersebut untuk konsumsi bangi orang banyak yang menerima kurban.

"Jadi pemeriksaannya akan lebih ketat," ujarnya.

Pambudi menambahkan, pada tahun ini, akan ada penambahan 5 orang dokter hewan yang nantinya ditempatkan di wilayah kecamatan, namun karena adanya PKM maka diminta untuk membantu pihaknya dalam pemeriksaan.

"Jadi dengan adanya tambahan 5 dokter hewan ini, pemeriksaan juga akan lebih intensif," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Pambudi meminta agar hewan kurban nantinya tidak didatangkan dari daerah terjangkit, karena dapat beresiko membawa virus dan menulari ternak yang ada di Kabupaten Sukamara.

"Para pengepul ini sudah kita kasih tau, banyak sedikitnya mereka sudah paham, mengambil dari luar terjangkit itu punya resiko," ujarnya.

Pambudi berharap, pembelian ternak sapi untuk kurban nantinya bisa membeli dari dalam daerah, mengingat peternakan sapi di Kabupaten Sukamara juga cukup banyak.

"Kita usahakan untuk kebutuhan dari dalam, dari Pantai jugakan populasinya banyak, dari Sukamara juga cukup banyak. Jadi saya rasa cukuplah," tukas Pambudi. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru